RSS

Air Hexagonal; Inovasi atau Penipuan Sains Fiksi???

04 Oct

Sekilas Tentang Air Heksagonal

Air heksagonal adalah teori yang pertama kali dikemukakan oleh Dr. Mu Shik Jhon. Jhon mengklaim bahwa air mengandung kluster air dengan enam sisi (heksagonal). Air heksagonal ini stabil dan lebih berguna untuk tubuh manusia dibandingkan bentuk-bentuk kluster air lainnya, ditambah dengan struktur heksagonal memampukan air ini dapat menangkap oksigen lebih baik. Namun beliau meninggal sebelum sempat melakukan verifikasi tentang kebenaran teori tersebut. Saat ini banyak terdapat mesin air minum yang dikatakan mampu membuat air heksagonal, ditambah lagi dinyatakan bahwa air heksagonal mampu menyembuhkan penyakit, untuk terapi dan air berenergi.

Fakta Tentang Air Heksagonal

Air pada hakikatnya mempunyai struktur tetragonal, sedangkan bentuk heksagonal hanya ada ketika air dalam bentuk es. Teori ini dianggap inovasi sains pada awalnya, namun seiring banyaknya penelitian tentang teori tersebut, semakin banyak pula pandangan skeptis yang muncul dari para ahli. Seorang peneliti, Dr. Paul Shin dari California State University telah melakukan penelitian dengan metode NMR dan menyatakan bahwa data yang didapat tidak sesuai dengan teori Dr Mu Shik Jhon ,yaitu air dengan struktur heksagonal. Dan sampai saat ini belum ada bukti yang menyatakan bahwa air heksagonal terbukti ada.

Khasiat Air Heksagonal

Saat ini banyak produsen yang mengaku memproduksi mesin yang mampu membuat air heksagonal. Yang ditawarkan bukan mesin tersebut tapi khasiat dari air heksagonal yang dihasilkan. Para produsen tersebut mengatakan bahwa air heksagonal adalah “air hidup”, air heksagonal dikatakan dapat membantu menyembuhkan penyakit dari batu ginjal, membuat lebih berenergi sampai terapi untuk penyembuhan penyakit.

Khasiat air heksagonal tersebut dinyatakan karena kemampuan air heksagonal dalam menangkap oksigen lebih banyak sehingga sangat baik untuk dikonsumsi dan membuat pasokan oksigen kedalam tubuh lebih banyak sehingga mampu memberi energi lebih pada tubuh. Padahal faktanya tidak demikian selain air heksagonal yang masih diragukan keberadaannya, oksigen dalam air tidak berpengaruh dengan pasokan energi dalam tubuh. Hal tersebut dikarenakan oksigen dalam tubuh disebarkan oleh hemoglobin dan oksigen tersebut didapat dari sistem respirasi bukan sistem pencernaan.(Kent.2001)

Dari fakta diatas terlihat bahwa khasiat dari air heksagonal masih diragukan, kesembuhan yang dialami konsumen air yang dikatakan sebagai air heksagonal kemungkinan hanya strategi curang produsen, atau efek sugesti yang diutarakan produsen sehingga membuat konsumen lebih rajin mengkonsumsi air. Karena konsumsi air yang meningkat itulah maka berbagai penyakit seperti batu ginjal bisa lebih cepat penyembuhannya.

Pembuatan Air Heksagonal

Dalam artikel ilmiah Drinking Water and Water Treatment Scams Auburn University dijelaskan berbagai penipuan tentang produk air minum dan salah satunya adalah air heksagonal. Mesin yang disebut – sebut sebagai pembuat air heksagonal hanyalah mesin dengan pemutar magnetik dan sinar inframerah. Dikatakan didalam artikel tersebut bahwa meskipun diperlakukan dengan putaran magnetik ditambah sinar inframerah, belum ada bukti ilmiah yang menyatakan bahwa hasil dari perlakuan tersebut adalah air dengan struktur heksagonal dan mempunyai kemampuan menyerap oksigen lebih banyak. Bahkan dalam artikel tersebut dikatakan dengan tegas bahwa produk air heksagonal merupakan penipuan dan junk science.

Referensi

E James Hairton. Rodekohr Donn. Brantley Evaden F. Bice Lory L. 2003.

Drinking Water and Water Treatment Scams. Alabama: Auburn

University.

Kent M. Van De Graaf. Rhees Ward R. 2001. Human anatomy and Physiology.

New York: Mc. Graw-Hill Companies.

 

10 responses to “Air Hexagonal; Inovasi atau Penipuan Sains Fiksi???

  1. rudi

    February 9, 2011 at 2:02 am

    info seputar pendidikan, kayaknya memang penyembuhan oleh air oxigen atau air hexagonal adalah sugesti semata

     
    • DANIEL ROLAS SURUNG NAINGGOLAN

      February 17, 2011 at 5:52 am

      Sip.. Thanks buat Saudara Rudi yang sudah comment… Sudah saatnya kita berfikir realistis untuk menghadapi setiap kecurangan/penipuan berbau sains…

       
  2. i wayan arjana

    December 20, 2011 at 9:43 am

    saya bs buat air balance,,ketika diminum tubuh jd seimbang,,bs di tes di badan langsung,,

     
    • DANIEL ROLAS SURUNG NAINGGOLAN

      December 20, 2011 at 12:01 pm

      Balance seperti apa? Keseimbangan tubuh tidak berpengaruh dengan air balance… air yang bersih dan mineral yang sesuai juga sudah cukup membantu sistem metabolisme dan homeostasis dalam tubuh….
      saya sudah pernah coba air “dengan embel2″ beroksigen dan air mineral biasa… tidak ada pengaruhnya…

       
  3. aji

    December 16, 2012 at 12:18 am

    adakah cara mudah untuk membedakan / mengukur apakah air mengandung structur hexagonal atau enggak??? karena denger2 cuma bisa diukur pake alat canggih NMR ( nuclear magnet resonance ) . Wah jadi rawan penipuan nih kalo tidak ada cara sederhana yg bisa membedakan air hexagonal atau air biasa.

     
  4. POL

    July 2, 2013 at 3:50 am

    bgmana dengan larutan anti panas dalam , macam kaki t164 dan b4d4k? :)

     
  5. steven

    September 13, 2013 at 5:45 am

    air oksigen ya memang ada , air hexagonal kyknya dibuat2 aja

    air oksigen ya air yg mengandung byk oksigen
    contoh paling gampang : aquarium ikan

    ikan klo ga dikasi oksigen dalam air mati kan ? dikasi oksigen nya dgn apa ?

    ya hanya dengna gelembung udara
    tp sifat nya hanya tahan bbrp saat , lama kelamaan kandungan oksigen naik ke permukaan

     
    • DANIEL ROLAS SURUNG NAINGGOLAN

      October 5, 2013 at 6:24 pm

      Memang benar… Air oksigen adalah air yang diberi oksigen dalam jumlah banyak agar kandungan oksigen dalam air tersebut meningkat… namun dalam hal ini, penyerapan oksigen melalui sistem pencernaan, sekalipun itu penyerapan pada tingkat seluler tidak memberi efek yang signifikan… karena sistem pencernaan manusia memang tidak dirancang khusus untuk menyerap oksigen.. melainkan untuk menyerap nutrisi makanan… berbeda dengan ikan yang memang bernafas dengan menyaring oksigen terlarut dalam air…

       
  6. watty

    March 17, 2014 at 1:47 pm

    trimakasih bro. baru hari kmrn ada yg nwrn alat ampe 6 jt . hmpir aja mo ambil. testimoni ny serem liat aer ny. tp kyk ny tu mah trik doang ya yg bikin aerny jd serem gt.

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: