RSS

To be a Smart, Critical, and Faithful Christian…..

19 Nov

Shalom Aleichem…

Postingan kali ini saya buat untuk sekedar refresh dan renungan pribadi aja…. Jadi bacanya ya santai aja ga usah tegang, apalagi pake kena serangan strok segala…😛

Ini merupakan pertama kali saya akan menjelaskan tujuan dan arti dari tag line blog saya ini, yah kalo ditanya kenapa baru sekarang, ya suka-suka saya dong.. kan ini blog saya #no offense… hehehe…

Oke deh.. gini.. gini… Ada alasan mengapa tag line blog saya diukir (ceilah, bahasanya… padahal cuma ngetik doang tuh kata ga pake diukir segala) dengan kalimat smart, critical, and faithful Christian…

Alasannya karena saya ingin mengajak teman-teman pembaca sekalian untuk menjadi seorang Kristen yang cerdas, kritis, dan taat… hal tersebut saya tunjukkan dengan isi dari blog saya yang selalu berusaha memberikan info-info seputar kesehatan, dan sains yang update untuk menambah wawasan saudara sekalian…. Jadi tanpa dijelaskanpun, sebenarnya bisa dilihat arti tagline blog saya dari postingan yang saya buat…

Back to topic, bisa dilihat pada artikel “Sleep Paralysis”  yang mengajak kita untuk cerdas dan kritis menghadapi berbagai masalah sehingga tidak serta-merta langsung percaya pada kekuatan mistis begitu saja ada artikel “Air Hexagonal” yang mengajak saudara sekalian untuk cerdas dan kritis menghadapi perkembangan sains, dan teknologi di zaman ini, sehingga tidak mudah tertipu oleh pihak-pihak tertentu…

Bukan hanya itu, Artikel “The Da Vinci Code” saya maksudkan agar kita menjadi seorang Kristen yang kritis atas segala penghujatan, penyesatan yang dilancarkan untuk menyerang iman Kristiani… Bukan semata-mata untuk menghujat, menghina, terlebih membalas orang-orang yang melakukannya… Namun agar kita sadar dan kritis dalam menyaring semua informasi yang ada agar tidak terjebak atau disesatkan… Soal langkah selanjutnya.. Sudah jelas dalam Matius 5:43-44 bahwa kita harus mengasihi dan mendoakan orang-orang yang telah menghhina, memusuhi, dan menganiaya kita para umat Kristen…

Artikel “Apakah Tuhan Ada” dimaksudkan agar kita lebih memahami, mensyukuri, dan mengimani keberadaan Tuhan dan karyaNya yang maha agung tanpa menghilangkan sifat kritis dan cerdas melalui pendekatan sains….. (Thanks for Mr Benaya Serviam Baroleh, the administrator of The Noock Blog for inspiring me making this blog post)

Kristen memang mengajarkan bahwa Tuhan tidak terjangkau sains dan akal pikiran manusia, tetapi bukan berarti Dia memberi anugerah kecerdasan dan akal pikiran pada kita hanya sia-sia…

Sering saya menjumpai ironi (lagi-lagi bahasa ente gaaannn…😀 ) yang bertebaran di dunia keagamaan.. yaitu ketika beberapa orang menanyakan kepada kita perihal kepercayaaan dan iman kita, kita cuma bisa mengatakan “Yang penting di imani sajalah”… Fiuhhh… tertawalah para Atheis dengan segala Intelektualitasnya… Begini lho, sadarkah kita bahwa pernyataaan itu secara tidak langsung mengartikan bahwa orang-orang beragama itu bodoh, atau orang-orang yang memutuskan percaya kepada Tuhan menjadi orang-orang yang tidak bisa berfikir rasional, dikit-dikit iman.. dikit-dikit iman… man..man.. #eh, salah fokus…

Sebenarnya kita bisa menjelaskan perihal kekuasaan, logika ajaran dan teladan yang diajarkan Tuhan pada kita, bahkan kenyataan bahwa Tuhan itu ada dengan rasional. Sehingga kita bukanlah manusia tanpa otak yang cuma bisa bilang iman…. Saya tidak mengatakan kita perlu mengesampingkan Iman, memang banyak kebesaran Tuhan yang tidak terjangkau oleh otak kita dan hanya bisa dipegang teguh oleh Iman… Tapi bukan berarti Tuhan memberikan intelektual, kecerdasan, daya pikir, atau apapun istilahnya hanya untuk kepentingan pribadi atau duniawi saja… Setiap susunan syafar di tubuh kita diciptakan olehNya, dirancang sedemikian rupa untuk memuliakan namaNya…

Dia memberi kita akal pikiran agar bisa lebih cerdas dan mampu menjalani kehidupan ini dengan baik dan dengan iman kita padaNya, kita mengarungi kehidupan ini bukan cuma dengan baik, tapi juga dengan benar….

Karena yang baik menurut manusia belum tentu benar di hadapanNya…

Sekian artikel dari saya…

Gracias dan…

Tuhan Memberkati kita sekalian….

NB: Saya berencana menjelaskan perihal Trinitas kepada pembaca dengan rasional dan bisa dipahami oleh kalangan berpendidikan… Dan saya sedang belajar untuk itu… Doakan saja saya cepat kaya, eh maksudnya proses belajarnya lancar sehingga bisa saya bagikan ke teman-teman semua…. Adios…

 

Leave a Reply

 
